Berita

Pertahanan Ekonomi di Masa Pandemi Melalui Sektor Ikan Hias dan Wisata

Ahad Legi, 27 September 2020 06:46 WIB 224

foto

Bantul (26/9/2020) pariwisata.bantulkab.go.id- Kepala Dinas Pariwisata menjadi salah satu narasumber dalam Workshop "Pertahanan Ekonomi di Masa Pandemi Melalui Sektor Ikan Hias dan Wisata" yang diadakan oleh Desa wisata Kajii, Gilangharjo, Pandak, Bantul pada Sabtu pagi, 26 September 2020. Kegiatan ini merupakan rangkaian Kontes Guppy Kadisoro Bantul, yang dilaksanakan pada tanggal 21-27 September 2020 memperebutkan Piala Bupati Bantul. Tema kali ini adalah "Bersama Ikan Hias, Kuatkan Ekonomi Rakyat."
Narasumber berikutnya dalam workshop ini adalah Kepala Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul, Bapak Yus Warseno, S.Pi., M.Sc, M.I.P dan Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bapak Muhammad Eko Atmojo, S.IP., M.I.P.  dengan moderator Saudara Budi.
Pemateri pertama, Muhammad Eko Atmojo menyampaikan tentang kondisi perekonomian  Indonesia maupun Asia di masa pandemi Covid 19 ini, dan peluang peluang apa saja yang dapat dilaksanakan. 
Pemateri kedua Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan, Bapak Yus Warseno menyampaikan peluang-peluang yang dapat dilakukan di sektor perikanan, seperti program mina padi, udang galah, pemanfaatan tumbuhan enceng gondok, dan lain-lain. Beliau juga menyampaikan bahwa di level pemerintah pusat, banyak program yang dapat diakses untuk pengembangan ikan hias di Kadisoro.
Pemateri ketiga atau terakhir , Bapak Kwintarto, menyampaikan bahwa pengembangan Ikan Hias di Kadisoro menjadi salahsatu pendukung pariwisata di Kabupaten Bantul. Oleh karena itu perlu upaya peningkatan kapasitas SDM dan kelembagaan desa wisatanya, disamping itu juga inovasi dan kreatifitas hendaknya ditingkatkan. Pokdarwis dan Desa Wisata merupakan wadah untuk meningkatkan nilai lebih dari pengelolaan ikan hias yang ada di Kadisoro.  Harapannya Kadisoro melalui Desa Wisata Kajii dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui paket Edukasi ikan hias. Kepala Dinas Pariwisata menghimbau untuk segera bergerak, menyusun program kerja dan segera melaksanakan. 
Setelah ketiga narasumber  selesai menyampaikan materinya, acara dilanjutkan diskusi  dan tanya jawab. Beberapa pertanyaan yang muncul antara lain inovasi apa saja yang bisa dilaksanakan di masa Pandemi Covid 19 dll.
Setelah acara workshop selesai, narasumber dan peserta workshop melihat-lihat kontes ikan Guppy yang sangat indah dan berwarna warni.


IKM

Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini

 

Media Sosial

 

Pengunjung
  • Pengunjung: 3504389
  • Online: 13
  • Hari ini: 110