Berita

“Rujak nangka rujake para sarjana, aja ngaya dimen lestari widhadha” Parikan Khas Jogja Sambut Kedatangan Penumpang Pesawat di YIA

Jumat Wage, 25 September 2020 13:57 WIB 377

foto
Tari Sekar Pudyastuti Foto : Rani Dwi Hapsari

Bantul (25/9/2020) pariwisata.bantulkab.go.id – Sejumlah penari yang merupakan Diajeng Bantul unjuk kebolehan membawakan Tari Sekar Pudyastuti di area pintu utama kedatangan Yogyakarta International Airport  (YIA) pada rangkaian acara peringatan Hari Pariwisata Sedunia ke 40 di Kabupaten Bantul tahun 2020.

Tarian ini merupakan tarian penyambutan bagi tamu khusus (istimewa) dengan menampilkan gerakan tarian gaya perempuan Yogyakarta yang lemah lembut, tenang dan anggun. Rujak nangka, rujake para sarjana, aja ngaya dimen lestari widhadha, rujak nangka rujaknya para sarjana”, yang maknanya adalah jangan berlebihan jika ingin hidup lestari dan selamat-sentosa merupakan salah satu parikan yang mengiringi Tari Pudyastuti yang sarat akan rasa syukur terhadap Tuhan dengan do’a dan harapan agar hidup kita selalu aman, tentram dan lesatari.

Tarian klasik asli Yogyakarta ini disajikan sebagai simbul gerakan pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata yang harus tetap hidup lestari, aman, bersih dan sehat sebagaimana protokol Pranatan Anyar Plesiran Jogja yang masive di kampanyekan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul melalui serangkaian acara yang dikemas dalam Event Peringatan Hari Pariwisata Sedunia tahun ini. Tarian ini merupakan satu rangkaian dengan Pameran Pariwisata dan UMKM Kabupaten Bantul di pintu utama keberangkatan YIA yang akan digelar selama 3 hari kedepan. (DHW)

Dinpar Bantul

 


IKM

Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini

 

Media Sosial

 

Pengunjung
  • Pengunjung: 3504513
  • Online: 15
  • Hari ini: 234