Berita

Kunjungan Komisi II DPRD Kabupaten Banjar

Senin Wage, 29 November 2021 13:51 WIB 115

foto

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menerima kunjungan Komisi II DPRD Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada tanggal 29 November 2021. Kepala Dinas bersama Sekretaris Dinas, Kabid Pemasaran, Kasi Obyek dan Daya Tarik Wisata, Kasi Kelembagaan Pariwisata dan Kasi Analisis Pasar dan Kerjasama menerima kunjungan tersebut di Ruang Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.

Disampaikan pimpinan rombongan bahwa maksud dan tujuan kunjungan adalah ingin mengetahui pengembangan dan pengelolaan desa wisata di Kabupaten Bantul. Dipilihnya Bantul sebagai tujuan kunjungan karena Kabupaten Bantul mempunyai banyak desa wisata yang menarik sehingga bias dijadikan masukan penyusunan Perda Desa Wisata di kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Pariwisata, Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos menyampaikan bahwa dalam pembentukan desa wisata yang terpenting adalah peningkatan kapasitas personal pengelola wisata dan penyusunan anggaran dasar anggaran rumah tangga sebagai landasan. Pembentukan desa wisata lebih baik mengangkat kearifan lokal yang dimiliki sehingga mempunyai nilai yang unik dan menarik. Didalam desa wisata juga harus ada Pokdarwis yang bertugas mensosialisasikan Sapta Pesona kepada pengelola wisata. Setiap desa wisata juga wajib ada homestay didalamnya serta kejelasan status lahan yang digunakan.

Untuk ke depannya Dinas Pariwisata akan  mensosialisasikan draf Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kelurahan (Ripparkal) agar setiap pengembangan wisata yang ada di tinggkat desa tertuang di  dokumen resmi dan lebih tertata dengan baik.

Pertemuan dengan komisi II DPRD diakhiri dengan statemen akan adanya rencana study banding Kepala Desa se Kabupaten Banjar ke Kabupaten Bantul.


IKM

Survey Indek Kepuasan Masyarakat : Klik Disini

 

Media Sosial

 

Pengunjung
  • Pengunjung: 3488945
  • Online: 13
  • Hari ini: 1661